Pages

Saturday, April 10, 2010

Ovi Store pesaing App Store




Sebelumnya, hanya ada satu toko virtual yang ada di dunia maya yaitu App Store milik Apple Inc. Sekarang Nokia turut meramaikan pasar virtual dengan meluncurkan Ovi Store pada Juni 2009 lalu. Sama-sama menawarkan konten dan aplikasi yang bisa diakses secara leluasa, gratis atau harus bayar. Toko aplikasi Nokia Ovi Store, telah hadir di Indonesia mulai 26 Mei 2009 lalu. Toko yang secara tidak langsung bersaing dengan App World (BlackBerry) dan App Store (Apple) ini, konon dibuat agar konsumen tak berpindah ke lain hati.

Nokia memang terlihat kurang puas dengan kinerja Ovi Store, terlebih jika dibandingkan dengan App Store. Pasalnya, App Store lebih 'laku'karena memiliki jutaan pengunduh aplikasi per hari, dengan pengguna aktif tercatat sekitar 80 juta orang pada Desember lalu. Nah, kini upaya make-over pun telah ditempuh oleh Nokia pada bulan ini. Desain baru OVI Store ini terlihat lebih simpel dari versi terdahulu. Perubahan yang paling mendasar kini adalah sistem rating lima bintang. Berdasar penjelasan dari blog Nokia, hal ini ditujukan untuk mempermudah pengguna, mengunduh aplikasi favorit pilihan mereka.

Ovi Store dapat diakses melalui komputer atau diunduh langsung melalui browser Nokia. Mulai dari games, video, podcast, aplikasi, dan tool-tool lainnya. Daftar aplikasi yang sudah ada terbilang cukup lengkap, sebut saja aplikasi video, images, email, jejaring sosial (friendster dan facebook), peta online, dan kamus.

Beberapa tips terkait penggunaan Ovi Store:

1. Akses https://store.ovi.com, dari Nokia Device Browser anda
2. Jika sudah, anda dapat melihat beberapa tampilan menu berbeda seperti: Recomended, Applications, Games, Audio & Video, Serta Personalisation
3. Tiap menu memiliki kolom search untuk membantu mencari kata yang diinginkan. Misal anda ingin mencari aplikasi jejaring sosial, pergi ke menu ‘Application’ dan ketik ‘Social networks’.
4. Untuk mengunduh sebuah aplikasi, pilih terlebih dahulu jenis device nokia anda, lalu pilih ‘Download’. Setelah itu aplikasi dapat mulai diinstall (misal: pilih folder ‘Installations’ pada Nokia E71).
5. Anda juga dapat memberikan review singkat, terkait aplikasi yang dipilih pada situs Ovi store.
6. Untuk mendapatkan konten dari menu yang berbeda, pilih ‘back’ hingga ke menu utama.
7. Untuk mengunduh game misalnya, anda cukup hanya memilih tab ‘Games’.
8. Untuk membeli sebuah konten, cukup pilih ‘Buy’ dan masukan akun Nokia anda.Jika belum punya, anda bisa segera mendaftar. Pembayaran bisa dilakukan dengan credit card secara global.

0 komentar: